Jumat, 31 Oktober 2014

Artikel Geografi (I)

Pengaruh Cuaca Panas dan Moving Class Terhadap 
Aktivitas Belajar Siswa  di SMA Plus Negeri 17 Palembang

 Oleh Resty Nursabella

YunaSakurasou@yahoo.com


SMA plus Negeri 17 Palembang adalah salah satu sekolah unggulan dan terfavorit di Sumatera Selatan yang terkenal dengan  prestasinya yang banyak,  baik tingkat nasional maupun internasional. Sekolah ini juga terkenal dengan kedisplinan dan rasa tanggung jawab siswa-siswinya, dimana mereka selalu patuh dan taat akan peraturan sekolah . Bukan hanya di sekolah lain, tetapi di sekolah ini juga terdapat permasalahan yang membuat mental dan fisik siswa-siswi tersebut melemah. Mulai dari faktor senioritas, pelajaran, guru, cuaca panas dan moving class .  Yang sering sekali di keluhkan oleh pelajar sekolah ini adalah cuaca panas dan moving class.  Mengapa hal ini dijadikan permasalahan? dan Apa penyebab cuaca panas ini?.

Untuk mengetahui lebih lanjut , kita terlebih dahulu mengenal dan mengetahui mengenai Cuaca dan cuaca panas :

1. Cuaca  adalah  rata-rata keadaan udara di suatu tempat atau wilayah, dalam waktu yang relatif singkat.  Ilmu yang mempelajari tentang cuaca adalah Meteorologi, yaitu ilmu tentang bumi dan gejala-gejalanya, yang terkait dengan komponen bumi yang berupa gas atau udara (Gatot Harmanto, 2013 : 153) .

2. Cuaca panas berarti matahari bersinar terang dan udara terasa panas atau suhu udara yang rendah, meningkat menjadi tinggi.   


Sumber : Google Gambar

 Di SMA plus Negeri 17 Palembang dikenal adanya Moving class, yaitu dimana  pelajar berpindah satu tempat/kelas ke kelas lain untuk mengikuti pelajaran yang akan diikuti. Karena SMA ini memiliki wilayah daerah yang  luas, dan memiliki gedung yang bertingkat-tingkat. Maka karena itulah para pelajar maupun masyarakat di sekolah disini sering mengeluh akan hal itu. Di tambah adanya cuaca panas dan terik, yang membuat mereka kepanasan dan lelah.  Oleh karena itu, dapat membuat aktivitas belajar mereka terhambat,  dan faktor penyebab timbulnya cuaca panas ,yaitu :  Posisi matahari yang tepat di atas garis ekuator dan pergerakan angin yang lemah atau tidak berhembus sama sekali, sehingga udara panas hanya menetap di satu tempat saja, dan tidak bergerak ke mana-mana

Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Menurut Prof. Dr.S.Nasution, M.A (2013 : 57), Wawancara adalah suatu bentuk komunikasi verbal yang bertujuan untuk memperoleh informasi, dan wawancara ini dilaksanakan dengan menggunakan wawancara tidak berstruktur, yaitu wawancara dilakukan tanpa menyusun daftar pertanyaan terlebih dahulu dan dilakukan dengan secara spontan. 

Maka,  Pengaruh apakah yang di dapatkan oleh cuaca panas dan moving class tersebut ?

                                                                                
 


Dari hasil wawancara yang telah di dapatkan dari beberapa sumber.  maka dapat di simpulkan bahwa  30 % dapat membuat suhu tubuh mereka  meningkat  atau dapat menyebabkan mereka kepanasan , 30 %  Lelah,  15 % dapat menghambat proses belajar mereka, meskipun . Meskipun hal itu menganggu proses belajar mereka tetapi kebanyakan mereka berpendapat bahwa, dapat membuat  tubuh mereka sehat. 

Maka, kesimpulan yang di dapatkan bahwa cuaca panas di pengaruhi oleh Posisi matahari yang tepat di atas garis ekuator pergerakan angin yang lemah . Sedangkan faktor penyebab keluhan terhadap moving class  adalah,  banyaknya gedung yang bertingkat-tingkat dan jarak kelas yang jauh  Sehingga dampak negatif yang dihasilkan dapat membuat mereka kepanasan, lelah dan terhambatnya proses belajar, karena lelah sehingga menyebabkannya tidak fokus untuk belajar. Dan dampak positifnya adalah membuat tubuh kita simakin sehat dan kuat.
 
Sumber Pustaka :
Harmanto , Gatot. 2013 . Geografi untuk SMA/MA Kelas X Peminatan . Bandung : Yrama Widya
Tika, Moh Pabundu . 2011. Metode Penelitian Geografi . Jakarta  : Bumi Aksara
http://www.republika.co.id/berita/koran/kesra/14/10/10/nd7pwb44-bmkg
http://techno.okezone.com/read/2013/08/26/56/855735/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar